SEKRETARIAT

Sekretariat terdiri dari :
A. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
B. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan.

A. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Sub bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai Tugas menyelenggarakan urusan Surat menyurat, kearsipan, inventaris barang, rumah tangga, perlengkapan, perjalanan dinas kerjasama, hukum, hubungan masyarakat, keprotokolan, arsip, dan dokumnentasi serta pengelolaan administarasi kepegawaian dan ketatalaksanaan.

Tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai rincian sebagai berikut :

  1. Menyusun rencana kegiatan dan anggaran Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Melaksanakan urusan tata usaha dan kearsipan;
  3. Menyiapkan bahan dan menyusun Rencanan Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan Rencanan Tahunan barang Unit (RTBU) sesuai usulan masing – masing bidang;
  4. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pengadaan, penyaluran, pengapusan dan pemindahtanganan barang;
  5. Melakukan penyiapan bahan penatausahaan dan inventaris barang;
  6. Melaksanankan pelayanan administrasi perjalanan dinas, pelayanan akomodasi tamu, hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  7. Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga, keamanan dan kebersihan lingkungan kantor;
  8. menyiapkan bahan dan menyusun rencana kebutuhan dan pengembangan pegawai;
  9. Menyiapkan bahan dan melaksanakan proses administrasi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemberhentian, mutasi, pensiun, dan cuti;
  10. Menyiapkan bahan dan melaksanakan pembinaan disiplin, pengawasan melekat, kesejahteraan, pemberian tanda jasa/penghargaan dan kedudukan hukum pegawai;
  11. menyiapkan bahan, telaahan dan melaksanakan penyusunan peraturan perundang-undangan serta evaluasi kelembagaan dan ketatalaksanaan;
  12. Menyiapkan bahan dan mengelola tata usaha kepegawaian meliputi daftar urut Kepangkatan, dokumnetasi berkas kepegawaian dan rekapitulasi absensi;
  13. Menyusun Standar Operasional Prosedur(SOP) pada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian; dan
  14. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh sekretariat sesuai bidang tugas.

B. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan penyusunan program, rencana kerja, rencana anggaran dan pelaporan pelaksanaan kegiatan, pengelolaan administrasi keuangan dan pertanggungjawaban keuangan, serta laporan keuangan.

Tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai rincian sebagai berikut :

  1. Menyusun rencanan kegiatan dan anggaran Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan;
  2. Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan program Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan;
  3. Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan anggaran Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan;
  4. Menyiapkan bahan penyusunan satuan biaya, daftar isian pelaksanaan anggaran, petunjuk operasional kegiatan, dan perubahan anggaran;
  5. Melakukan kerjasama dengan unit kerja dan instansi terkait dalam rangka penyusunan rencana kerja, baik rencana kerja tahunan, jangka menengah maupun jangka panjang;
  6. Menyusun rencana anggaran belanja tidak langsung, anggaran belanja langsung, rencana penerimaan dan pendapatan Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan ;
  7. Melaksanankan kordinasi dan kerjasama penyusunan rencana anggaran belanja dan rencana pendapatan dan penerimaan;
  8. Menyiapkan bahan dan melaksanakan koordinasi penyusunan  rencana evaluasi dan pelaporan kinerja;
  9. Melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisa data yang berhubungan dengan bidang Kepegawaian, pendidikan dan pelatihan;
  10. Menyiapkan bahan dan menyusun konsep laporan kegiatan badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan dan Pelatihan, baik laporan rutin maupun laporan insidentil;
  11. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk teknis dan melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, akutansi, dan verifikasi keuangan;
  12. Melaksanakan urusan perbendaharaan, pengelolaan penerimaan negara bukan pajak, pengujian dan penerbitan surat perintah membayar;
  13. Melaksanakan urusan gaji pegawai;
  14. Menyiapkan bahan pengesahan dokumen anggaran;
  15. Menyiapkan bahan dan melaksanakan evaluasi realisasi anggaran;
  16. Menyiapkan bahan dan menyusun  laporan pertanggung jawaban keuangan dan pengelolaan dokumen keuangan;
  17. Menyiapkan bahan dan mengusulkan pejabat pengeloala perbendaharaan;
  18. Penyiapan bahan pemantauan tindak lanjut laporan hasil pengawasan dan penyelesaian tuntutan perbendaharaan dan ganti rugi;
  19. Menyusun Standart Operasional Prosedur (SOP) pada Sub Bagian  Perencanaan dan Keuangan; dan
  20. Melaksanankan tugas lain yang diberikan oleh sekretariat sesuai bidang tugas.